Apa nasihat paling ampuh yang pernah diberikan ayahmu padamu?

 

Saya beruntung dibesarkan oleh pria paling tenang, keren, pemarah, dan pengendalian diri yang pernah saya kenal.


Saya dapat mengandalkan dengan satu tangan kapan saya melihat ayah saya kehilangan kesabaran. Dalam banyak hal, temperamennya mengingatkan saya pada karakter Tom Hagen, yang diperankan oleh Robert Duvall, dalam film The Godfather, kecuali bahwa ayah saya tidak bekerja untuk gangster.



Tom Hagen, Diperankan oleh Robert Duvall.


Saya ingat di awal pernikahan saya dengan istri saya, Nona Andrea, bahwa dia dan saya bertengkar tentang sesuatu, yang penyebabnya tidak dapat saya ingat.


Saya memberi tahu ayah saya tentang hal itu. Dia telah duduk di kursinya, mengupas sebuah apel. Setelah bersandar di kursinya, dia merenungkan apa yang telah saya katakan, dan dia menawarkan nasihat ini:


"Kamu akan mengalami saat-saat seperti itu dalam pernikahanmu. Itu normal. Jangan biarkan perselisihan kecil itu tumbuh menjadi sesuatu yang lebih besar.”


Dia menatap mataku dengan tatapan tajamnya yang selalu menarik perhatianku.


“Kamu mencintainya, kan?” Dia bertanya dengan lembut.


“Ya Pak,” jawab saya. "Dengan sepenuh hati."


"Kalau begitu maafkan dia dan lanjutkan hidupmu."


Dia kemudian melanjutkan mengupas apelnya dan mulai membicarakan hal lain.


Saya percaya bahwa nasihat yang dia berikan kepada saya adalah rompi anti peluru yang dikenakan ayah saya, yang membuatnya tetap setia pada ibu saya selama enam puluh sembilan tahun. Saya tahu dari pengalaman bahwa di balik penampilan luarnya yang manis, dia memiliki temperamen yang berapi-api. Ayah sangat mencintainya dan sangat menyayanginya. Mereka mengeluarkan yang terbaik dari satu sama lain. Seandainya dia hidup beberapa bulan lagi, dia dan ibuku akan menikah tujuh puluh tahun (Ayah meninggal pada 2015 pada usia sembilan puluh).


Saya mempertimbangkan nasihat ayah saya.


Saya memutuskan untuk memakai rompi yang sama.


Saya telah memakainya sekarang selama hampir 38 tahun. Itu mencegah hal-hal kecil merusak hubungan yang indah.


Beristirahatlah dengan tenang, Ayah.


Saya merindukan nasihat bijak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar